Bawa Kabur dan Jual Mobil Rental, Warga Pondok Candra Waru Diringkus Polisi

Tulangan

TRIBRATANEWS POLRESTA SIDOARJO-Tersangka L (27) alias TO warga asal JL Blimbing Perum Pondok Candra Indah Kelurahan Tambaksumur Kecamatan Waru terpaksa berurusan dengan petugas Polsek Tulangan. Tersangka dituding membawa kabur mobil rental Purnama Rencar Perum Graha Pesona Desa Modong Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo berupa mobil Toyota Avanza bernopol L 1775 HT milik Arik Afifah (32) warga Desa Kedinding Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo. Kini, tersangka harus mendekam dibalik jeruji besi tahanan Polsek Tulangan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Tersangka dan barang bukti sudah kami amankan di Polsek Tulangan untuk penyidikan dan pengembangan perkara,” terang Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro, Kamis (10/11/2016).

Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro menceritakan, aksi penggelapan dengan modus berpura-pura menyewah mobil itu terjadi Rabu (05/10/2016) kemarin. Awalnya tersangka mendatangi rental mobil Purnama Rencar di kawasan Perum Graha Pesona Desa Modong Kecamatan Tulangan. Setibanya di tempat rental penyewaan mobil dengan bermodalkan SIM C dan 1 unit motor, kemudian tersangka ke repsionis rental mengaku bernama Edy Dwi Priyanto sesuai SIM. Berdalih untuk kepentingan keluarga selama seminggu, setelah berhasil memperdayai repsionis rental, tersangka membawa kabur mobil itu ke arah Blitar. Seketika itu tersangka menjual mobil itu ke TP seharga Rp 20 juta. Namun sesuai perjanjian dan jatuh tempo, tersangka tidak mengembalikan. Akhirnya kasus dilaporkan ke Polsek Tulangan. “SIMC dan motor itu dijadikan jaminan tersangka. Tetapi, karena tersangka tidak mengembalikan mobil yang disewa, pemilik merasa kebingungan dan mencari keberadaan tersangka tidak ditemukan. Makanya dilaporkan ke Polisi,” imbuhnya.

Berdasarkan laporan korban itu, petugas berhasil menangkap tersangka di kawasan Desa Tropodo Kecamatan Waru beserta barang buktinya berupa mesin mobil yang sudah diprotoli (dilepas dari bodi). Sedangkan bodi mobil dan pembeli mobil, TP (40) warga asal Blitar sampai saat masih dalam pengejaran petugas. Sedangkan ciri mobil itu adalah Toyota jenis Avanza dengan Nomor Mesin (Nosin) MB35062, 1 lembar SIM atas nama Edy Dwi Priyanto, dan 1 lembar surat form order disita sebagai barang bukti. “Tersangka kami jerat pasal 378 dan 372 KUHP tentang Tindak Pidana Penipuan dan Penggelapan. Atas tindak kejahatan yang dilakukan tersangka, korban mengalami kerugian mencapai Rp 155 juta,” tegasnya.