Buron Selama Empat Bulan, Maling Ban Ditangkap Polsek Jabon

Jabon

TRIBRATA NEWS POLRESTA SIDOARJO-Tersangka C H (40) warga asal JL Gatot Subroto Desa  Gedang Kecamatan Porong ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Jabon. Tersangka dituding terlibat kasus pencurian dua ban truk milik PT Teja Sekawan yang berada di Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon. Kini tersangka meringkuk dibalik jeruji besi Polsek Jabon untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. “Tersangka ditangkap di sebuah warung di kawasan Gempol Kabupaten Pasuruan saat sedang santai-santai,” terang Kapolsek Jabon AKP M Mukhari kepada , Rabu (26/10/2016).

Selain itu, tersangka saat penangkapan sempat kabur ke area kebun tebu. Namun tidak mau buruannya itu lolos, anggota terus mengejar dan berhasil ditangkap. Dalam kasus ini, modus pencurian ban dilakukan sopir dum truk 03 Juni 2016 lalu. “Semula dump truk bernopol L 9735 UK dikemudikan tersangka. Setelah jauh dari garasi Desa Tambak Kalisogo di tengah perjalanan, dua ban yang sebelumnya melekat pada dump truk itu dilepas. Kemudian dijual ke bengkel di daerah Pasuruan seharga Rp 2 juta,” imbuhnya.

Kemudian, setelah mendapati kondisi ban berubah dan menimbulkan kecurigaan. Akhirnya kasus pencurian ini dilaporkan ke Polsek Jabon. Berdasarkan laporan dari korban itulah, petugas melakukan pengejaran terhadap tersangka. Sebelumnya tersangka ini ditangkap dan sempat menjadi buron selama 4 bulan. Tersangka selalu berpindah-pindah tempat tinggal sampai ke luar Jawa. “Tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegasnya.