Curi Pompa Air Milik Majikan, Pekerja Serabutan Ditangkap Unit Reskrim Polsek Tulangan

Tulangan

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO-Petualangan tersangka inisial A berakhir di tangan penyidik Unit Reskrim Polsek Tulangan. Ini menyusul, pemuda 24 tahun warga asal Gudo Kabupaten Jombang ini, ditangkap petugas Unit Reskrim Polsek Tulangan paska beberapa waktu sempat menjadi buronan dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) karena mencuri mesin pompa air milik majikannya.

Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro menerangkan sebelum ditangkap pemuda yang berprofesi sebagai pekerja serabutan ini dilaporkan korban Hadi Winarno warga Desa Kemantren Kecamatan Tulangan. Dalam laporannya, korban menceritakan satu unit mesin pompa air miliknya merk Robin hilang. Diduga dicuri oleh salah satu pegawainya. Hal ini disebabkan setelah diketahui mesin pompa itu hilang, korban tidak pernah melihat tersangka dan tidak pernah masuk kerja. Berdasarkan laporan itu, selanjutnya Polisi melakukan lidik dan mencari tahu keberadaan tersangka yang sebelumnya dikabarkan menghilang. Namun Polisi menemukan barang bukti yang dicuri tersangka dititipkan di rumah salah satu temannya di desa setempat. “Tersangka menitipkan barang curian itu untuk menghilangkan barang bukti,” terang Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro, Jumat (16/09/2016).

Akan tetapi, berkat kejelihan anggota Polsek Tulangan, kasus pencurian itu akhirnya terungkap. Oleh karenanya, saat tersangka berserta berikut barang buktinya berupa satu unit mesin pompa air dan satu lembar nota pembelian tertanggal 15 April ditemukan, petugas mulai melacak keberadaan tersangka.

Selain itu, aksi tersangka terungkap setelah sejumlah barang bukti kuat mengarah kepadanya. Akibatnya, korban mengalami kerugian kurang lebih sekitar Rp 4 juta. Tersangka berhasil dibekuk saat sedang berada di kos-kosannya di wilayah Desa Durungbedug Kecamatan Candi.

“Atas perbuatannya, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara,” tegasnya.