Giat Road Show Think Safety Oleh Sat Lantas Polres Sidoarjo

Think Safety (5)

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO-Sekitar 10-15 personil Satlantas Polres Sidoarjo melakukan kegiatan road show think safety pemuda pelopor tertib lalu lintas ke sejumlah sekolah yang ada di Sidoarjo. Beberapa sekolah tersebut di antaranya SMAN 4 Sidoarjo, SMKN 1 Sidoarjo, SMKN 1 Buduran, SMKN 2 Buduran, SMKN 3 Buduran dan MAN Sidoarjo. Kegiatan tersebut berlangsung sejak tanggal 25 Agustus hingga 3 September 2016.

Kepala Bagian Operasi (KBO) Satlantas Polres Sidoarjo IPTU Meita Anisa Saputra, SIK, MH mengatakan, disamping melakukan sosialisasi pihaknya juga melakukan penyematan pin Pelopor, pemberian helm serta kaos bagi para pelajar yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan serta berani mengajukan pertanyaan ke depan. “Pada saat tink safety, kita bertanya kepada siswa, apakah mereka mengetahui atau tidak tentang tertib berlalu lintas. Intinya, supaya para siswa mengetahui apa tidak tertib berlalu lintas, bagaimana etika ketika berlalu lintas di jalan, serta bagaimana prilaku kita di jalan raya seharusnya,” kata IPTU Meita.

Selain dihadiri personil Satlantas Polres Sidoarjo, kegiatan think safety ini juga dihadiri narasumber dari Dinas perhubungan dan Jasa Raharja Sidoarjo. Tujuannya adalah memberikan pemahaman dan penyuluhan tentang tertib berlalu lintas, agar para siswa mampu meningkatkan kesadaran apabila menggunakan kendaraan.

Think Safety (4)

Dishub Sidoarjo memberikan pemahaman atau lebih ke pengenalan rambu-rambunya dan bagaimana tentang kelayakan kendaraaan. Sementara Jasa Raharja menyampaikan peran jasa raharja khusus di lalu lintasnya apabila ada kecelakaan peran jasa raharja seperti apa, apabila ada yang kecelakaan apa yang dilakukan, sehingga korban mendapatkan santunan dari jasa raharja.

Menurutnya, bagi pelajar yang belum boleh menggunakan kendaraan supaya menyampaikan ke orang tuanya, yakni memberikan pemahaman bahwa siswa yang belum mempunyai SIM, supaya diantar oleh orang tuanya. “Saya harap kesadaran dari siswa itu sendiri untuk menyampaikan ke orang tuanya agar diantar, atau bisa juga dijemput menggunakan mobil sekolah atau menggunakan kendaraan umum,” jelasnya.

KBO) Satlantas Polres Sidoarjo IPTU Meita Anisa Saputra, SIK, MH menambahkan, Selain melakukan road show tink safety, pihaknya juga sering memberikan atau melakukan sosialisasi tertib berlalu lintas kepada para pelajar SMP di Sidoarjo. “Harapan kami dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh Satlantas Polres Sidoartjo, para siswa mampu memahami, melaksanakan, mentaati peraturan, apa yang harus dia lakukan, bagaiamana kalau mereka menggunakan kendaraan, sebelum menggunakan kendaraan mereka harus mengetahui peraturannya apakah sudah diperbolehkan atau belum menggunakan motor, apa saja yang harus diperhatikan ketika menggunakan motor,” terangnya.

Think Safety (7)

Setelah adanya think savty ini, anak-anak sekolah diharapkan semakin meningkatkan kesadaran dalam  berlalu lintas, khususnya yang belum memliki SIM untuk menyadari hal itu. “Diharapkan mereka itu sadar, dan jika yang sudah bisa bikin SIM tinggal mereka membuat SIM, itu artinya mereka ditandai mahir, menguasai dan sudah bisa bertanggung jawab terhadap dirinya,” pungkasnya.