Kapolda Jatim Berharap Bupati dan DPRD Sidoarjo Setujui Markas Polresta di Cemengkalang

Kapolda

TRIBRATA NEWS POLRESTA SIDOARJO-Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji berharap Bupati dan DPRD Sidoarjo menyetujui rencana pemindahan markas besar Polresta Sidoarjo dari JL Kartini, Sidoarjo yang terletak di jantung Kota Sidoarjo dipindakan di JL Raya Sidoarjo – Krian Desa Cemengkalang Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo. Alasannya, selain lokasi dan bangunan Polresta Sidoarjo sudah tidak memadai, paska kenaikan tipologi dari Polres menjadi Polresta Sidoarjo, markas Polresta di Sidoarjo juga kerap terendam banjir. Kondisi itu, dikhawatirkan akan memengaruhi pelayanan ke masyarakat.

“Lahan di Cemengkalang itu sudah milik Polda Jatim sejak lama. Sekarang tinggal disetujui Bupati dan DPRD Sidoarjo saja. Markas lama Polresta bukan hanya sering banjir, tetapi dari segi keamanan dari jalan raya tamu langsung masuk markas itu juga bisa membahayakan. Harapan saya Polresta dibangun di Cemengkalang itu,” terang Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Anton Setiadji Minggu (23/10/2016).

Selain itu, Kapolda Jawa Timur berharap proses pemindahan itu, bisa dimulai pada kepemimpinan AKBP Muhammad Anwar Nasir, paska menjabat Kapolres Sidoarjo dan kini juga menjabat Kapolresta Sidoarjo. “Kami yakin kalau komunikasi Kapolres, Bupati dan Dewan baik bisa segera direalisasikan. Karena lahannya sudah ada. Tapi, kalau tidak disetujui dewan ya tidak bisa dibangun markas baru itu,” imbuh Kapolda Jatim.

Sementara Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah menanggapi harapan pemindahan Polresta ke Desa Cemengkalang itu berjanji bakal berupaya merealisasikannya. Menurutnya, selama banjir bukan hanya rumah dinas dan Polresta Sidoarjo yang terenda banjir, akan tetapi rumah pribadi Bupati Sidoarjo di JL Malik Ibrahim 45 Sidoarjo juga dilanda banjir.

“Kami akan upayakan Polresta Sidoarjo di Cemangkalang. Tinggal koordinasi dengan dewan nanti hasilnya seperti apa. Karena memang perlu ada pemindahan itu karena statusnya sekarang Polresta Sidoarjo bukan Polres saja,” pungkasnya.