Komplotan Pengeroyokan dan Perampasan Mobil Yyang mengaku Sebagai TNI Gadungan Ditangkap Unit Reskrim Polresta Sidoarjo

press-release

TRIBRATANEWS POLRESTA SIDOARJO-Dua anggota komplotan perampasan mobil dan pengeroyokan diringkus jajaran petugas Satuan Reskrim Polresta Sidoarjo. Sedangkan 4 tersangka anggota komplotan lainnya ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO). Tidak hanya dituding merampas dan mengeroyok dua korban yakni David Arifin dan Adi Soninjau, kedua tersangka juga dituding pasal penculikan dan kepemilikan senjata api (senpi) jenis Air Gun serta perbuatan tidak menyenangkan yang disertai ancaman.

Kedua tersangka itu masing-masing adalah inisial D A W (28) warga Desa Japan Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto dan R A K (39) warga Kelurahan Kedungdoro Kecamatan Tegalsari Surabaya. Sedangkan keempat tersangka lain yang menjadi DPO diantaranya S, I, D dan B yang diduga terlibat dalam aksi pemukulan terhadap korban.

Sementara barang bukti yang diamankan diantaranya sepucuk senpi Air Gun merek Taurus warna hitam beserta sebuah magazine, sebotol plastik berisi gotri sebagai amunisi Air Gun, sebuah HT warna hitam merek Alinco Type DJ-W500, sebuah kalung lencana kesatuan tugas khusus, sebuah KTP atas nama tersangka yang inisial D A W dengan pekerjaan TNI, sebuah tanda anggota Jabatan Komandan Regu Resimen XIII Yudha Putra Yon 1330 Surabaya yang dikeluaran 16 Mei 2013, sebuah kartu tanda anggota Jabatan Komandan Regu Resimen XIII Yudha Putra Yon 1330 Surabaya yang dikeluarkan 19 Januari 2006, dan sebuah jaket warna coklat.

Selain itu sepucuk senpi Air Gun Revolver Caliber 4,5 mm warna silver gagang warna coklat beserta 6 peluru, sebuah kepemilikan unit Air Gun dan sebuah kartu anggota Garuda Sakti atas nama Rully Agus Kurniawan, sebuah tas rangsel warna abu-abu, dan sebuah jaket doreng. “KTP tersangka D A W asli, tapi pekerjaannya sebenarnya swasta bukan anggota TNI. Kalau tersangka R A K statusnya sebagai pengacara.

press-release

Keduanya sudah kami tahan beserta barang buktinya. Rekan-rekan tersangka yang menjadi DPO masih dalam proses pengejaran,” terang Kapolresta Sidoarjo AKBP Muhammad Anwar Nasir, Senin (21/11/2016).

Peran kedua tersangka D A W menginterogasi dan mengancam bakal menembak kedua korban. Sedangkan tersangka R A K menodongan senjata. Keempat tersangka yang menjadi DPO Yani S, I, D dan B sama-sama terlibat dalam pemukulan korban.

“Para tersangka dijerat pasal berlapis yakni pasal 328 KUHP tentang Tindak Pidana Melarikan Orang dengan ancaman 12 tahun penjara, pasal 170 KUHP tentang Pengeroyokan dengan ancaman 5 tahun penjara, pasal 333 KUHP tentang Menahan dan Merampas (Kemerdekaan) dengan ancaman 8 tahun penjara, pasal 335 KUHP tentang Perbuatan Tidak Menyenangkan dengan ancaman hukuman 1 tahunpenjara dan Undang-Undang Darurat RI No 12 Tahun 1951 tentang Kepemilikan Senpi dengan ancaman 20 tahun penjara,” imbuhnya.

Kasus ini bermula saat A L M menyewa mobil Daihatsu Xenia ke Tri Lucky Herry Purnomo untuk keperluan tersangka D A W. Tapi, mobil tak segera dikembalikan sesuai janji. Kemudian Tri Lucky Herry Purnomo menagih A L M untuk mengambalikan mobil. Kemudian tersangka mendatangi Tri Lucky Herry Purnomo dengan mengaku sebagai anggota TNI serta meminta surat kuasa penarikan mobil. Karena membawa surat kuasa tersangka D A W mengajak tersangka lainnya ke toko di Pasar Krian dan mengambil mobil dan mengeroyok kedua korban.

“Tersangka menjadi debt collector dengan pekerjaan TNI sesuai KTP, padahal bukan anggota TNI. Kami sudah cek ke kesatuanya juga bukan anggota TNI. Makanya soal KTP tersangka D A W masih kami dalami. Sedangkan tersangka satunya pengacara,” paparnya.

One comment

  1. Wе have been shoving it undr tɦe rug for millennia.
    http://forumhalodunia.com
    It is funn tо tаke upp music lessons ɑs it would be a gooԀ way tto entertain yourself as you learn. They cаn be fⲟund
    in all varieties, sizes and styles nnot ϳust at concert halls, Ƅut аlso іn outlets and
    even online stores.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*