Pelanggar Lalu Lintas Di Wilayah Sidoarjo Naik

tilang

TRIBRATANEWS POLRESTA SIDOARJO-Dibanding tahun lalu, jumlah pelanggar lalu lintas yang terjaring dalam Operasi Zebra Semeru 2016 di wilayah hukum Polresta Sidoarjo naik 100%.

Pada 2015 lalu tercatat ada 3.275 orang pelanggar yang ditilang, Sedangkan tahun ini jumlahnya melonjak menjadi 5.317 pelanggar. Padahal, operasi itu hanya dilaksanakan dalam waktu dua pekan. Data yang ada menunjukkan 227 kendaraan ditilang lantaran muatan berkelebihan, 559 orang melanggar marka jalan, pelanggar rambu-rambu 819 orang, pelanggar perlengkapan surat 575 orang.

1.152 pelanggar ditilang karena tak mengenakan helm, pelanggar STNK/KIR 37 orang, tanpa SIM 290 pelanggar, tak menggunakan sabuk pengaman 144 pelanggar, pelanggar teguran 636 kasus, pelanggar tilang 4.681 orang dan pelanggaran lain-lain sebanyak 828 kasus. Para pelanggar lalu lintas tersebut akan dikenakan hukuman denda yang nilainya sudah ditentukan.

Sedangkan rincian kejadian Laka Lantas berjumlah 19 kejadian. Rincian datanya meninggal dunia 7 kejadian dan luka ringan 17 kejadian. Sementara kerugian materiil sekitar Rp 6,7 juta.

“Hasil operasi ini menunjukkan tingkat kesadaran berlalu lintas masyarakat masih rendah. Banyak ditemukan pengendara yang sengaja melawan arus maupun mengabaikan rambu-rambu lalu-lintas di jalan raya. Padahal sebelum digelarnya Operasi Zebra Semeru 2016 himbauan agar berhati-hati dalam mengemudi sudah disampaikan,” terang Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Wahyu Pristha Utama melalui ponselnya, Jumat (02/12/2016).

Berikutnya, kepolisian akan terus melakukan penindakan sekaligus upaya sosialisasi ke berbagai pihak, khususnya ke sekolah-sekolah karena kebanyakan pelanggar lalu lintas tersebut adalah para pelajar.

Tidak hanya itu, Wahyu juga menghimbau pada masyarakat untuk mengurus SIM di Satuan Lantas Polresta Sidoarjo. Sedangkan bagi masyarakat yang belum melunasi pajak kendaraan bermotornya diharap segera mengurusnya di Kantor Samsat Jl. Raya Cemengkalan, Samsat Krian, Samsat Keliling maupun Samsat Corner di alun-alun Sidoarjo.

“Kami siap memberi pelayanan terbaik. Kualitas  kecepatan, kecermatan serta kenyamanan dan keamanan layanan bagi masyarakat ketika berurusan dengan kantor Samsat akan kami berikan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*