Pemutihan dan Bea Balik Nama Kendaraan Gratis, Samsat Sidoarjo “Diserbu” Masyarakat

Samsat

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO-Pembayaran Pajak kendaraan di kantor samsat Sidoarjo Jawa Timur meningkat drastis dari hari biasanya. Peningkatan itu dilatarbelakangi adanya peraturan yang dikeluarkan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo tentang pemutihan.Pemerintah Jawa Timur sebelumnya menggratiskan biaya denda pajak dan balik nama untuk semua jenis kendaraan bermotor di seluruh Jawa timur. Program ini berlaku mulai 5 September hingga 3 Desember 2016 mendatang. Hal itu berdasarkan Pergub Nomor 44 Tahun 2016 tentang pemberian keringanan dan Pembebasan Pajak Daerah untuk rakyat Jatim tahun 2016.

“Ini harus dimanfaatkan benar bagi warga Jawa timur, khususnya Sidoarjo, agar segera mengurus pajak kendaraannya. Dan untuk hari pertama ini lumayan meningkat,” ujar Kasatlantas Polres Sidoarjo melalui kanit Reg Ident Polres Sidoarjo IPTU Engkos Sarkosi.  Jum’at 9 September 2016 saat konfirmasi di kantornya.

Di hari pertama pemutihan ini, peningkatan pembayaran pajak bisa lebih dari 1000 orang perhari. “Perhari biasanya kurang lebih 1000 wajib pajak yang datang ke samsat dan seluruh layanan unggulan di sidoarjo. Namun setelah ada pemutihan angka tersebut diprediksi bisa meningkat 30%. Setiap warga yang memiliki kendaraan dan ber KTP di Jawa Timur, berhak atas layanan itu,” tambahnya.

Pelayanan pembayaran pajak di kantor samsat juga didukung layanan unggulan drive thrue, samsat keliling, payment point, samsat Corner. Dimana dalam pelayanannya lebih memudahkan masyarakat untuk mengurus pajak kendaraan bermotor.

Meski begitu, pihaknya tetap akan melakukan pengawasan terhadap adanya calo yang sengaja memanfaatkan moment tersebut. “Pemutihan ini gratis, jadi tidak ada pungutan biaya apapun. Tapi untuk mengantisipasi adanya calo tersebut, kita sudah siagakan patroli dari anggota propam Polres Sidoarjo di setiap samsat. Kita tanyakan keperluannya apa, jadi memang benar benar harus di jaga ketat,” tegasnya.Dengan adanya pemutihan ini, merupakan kesempatan bagi warga Sidoarjo untuk segera melakukan proses pengurusan atas tunggakan pajak kendaraan.