Pencuri Kotak Amal Di Jebloskan Ke Tahanan Polsek Wonoayu

Wonoayu

TRIBRATA NEWS POLRESTA SIDOARJO-Tersangka kasus pencurian S benar-benar keterlaluan. Pria 45 tahun warga Dusun Mergoayu Desa Mergobener Kecamatan Tarik Kabupaten Sidoarjo ini nekat mencuri kotak amal musala Al Mansur Desa Tanggul Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo. Kini, tersangka dan barang buktinya diamankan petugas Polsek Wonoayu. Aksi pencurian tersangka yang sudah dikaruniai 2 orang anak itu gagal. Saat beraksi, tersangka tepergok salah satu warga setempat saat mencongkel kotak amal yang berada di dalam musalah itu.

Kapolsek Wonoayu AKP Heriyanto menjelaskan bahwa kejadian itu berawal  kasus pencurian itu terjadi sekitar pukul 13.30 Wib. Saat itu tersangka langsung masuk ke dalam musalah. Namun warga setempat, Uswatun Hasanah melihat ada orang tak dikenal berada di dekat kotak amal musalah itu. Waktu ditegur saksi, tersangka juga tidak menjawab, malah bersembunyi di belakang pintu musalah. Karena curiga dengan ulah tersangka, kemudian Uswatun memanggil Suyadi alias Timbul yang saat itu berada di warung kopi sebelah barat musalah. Saat itu, tersangka sudah berhasil menggondol uang dari kotak amal, berupa uang pecahan sebesar Rp 327.000.

Sayangnya, belum sempat membawa kabur uang hasil garongan itu, tersangka keburu dibekuk warga yang memergokinya. Bahkan, sebagian warga yang tidak bisa menahan emosi, lansung menghadiahi tersangka dengan bogem mentah. Akibatnya, tersangka mengalami bengkak di bagian kepala. Beruntung, Polisi segera tiba di TKP. Sehingga tersangka berhasil diamankan dan dibawa ke Polsek Wonoayu untuk menjalani pemeriksaan intensif.

“Memang tersangka sempat mengelak. Tapi, saat digeledah di sakunya ditemukan uang recehan itu tersangka tak bisa mengelak,” terang Kapolsek Wonoayu AKP Heriyanto, Kamis (03/11/2016).

Lebih jauh, Kapolsek Wonoayu ini menguraikan selama ini profesi tersangka sebenarnya seorang penjual manisan. Selama ini, tersangka menjajahkan dagangannya dengan cara berkeliling dari desa ke desa.  “Muungkin karena tersangka terdesak kebutuhan. Akhirnya nekat mencuri uang kotak amal musalah,” imbuhnya.

Sedangkan sejumlah barang bukti yang disita dari tangan tersangka, diantaranya sebuah kotak amal musalah Al Mansur, uang receh sebesar Rp 327.000, serta 1 unit motor Honda Grand bernopol W 2638 YE milik tersangka. “Tersangka kami jerat pasal 363 ayat 5 E subsider 362 KUHP, tentang Pencurian dengan Pemberatan,” tegasnya.