Polres Sidoarjo Siagakan Ratusan Personil Untuk Mengamankan Pemberangkatan Calon Jemaah Haji

1

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO- Kepolisian Resort Sidoarjo mengerahkan 238 personel untuk mengamankan pemberangkatan calon haji dari Sidoarjo ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya pada Sabtu tanggal 20 Agustus 2016. Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resort Sidoarjo Kompol Edi Santoso menjelaskan, pemberangkatan calon haji setempat dipusatkan di Pendopo Kabupaten Sidoarjo.

“Untuk menghindari hal-hal tak diinginkan dan demi keamanan serta kelancaran pemberangkatan calon haji, kami mengerahkan sedikitnya 238 personel yang sebagian besar disiagakan di Depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan seputaran alun Kabupaten Sidoarjo,” terang Kabagops Polres Sidoarjo.

Kabagops Polres Sidoarjo Kompol Edi Santoso menjelaskan bahwa misi aparat Kepolisian dalam Ops Pam tersebut agar situasi keberangkatan maupun kepulangan yang mengantar calon Jemaah Haji yang berpusat di Pendopo Kabupaten Sidoarjo terkendali serta lancar dan tertib. Berdasarkan perencanaan, Ops Pam Haji berlangsung selama 3 hari mulai dari hari Sabtu tanggal 20 sampai dengan hari Senin tanggal 23 Agustus 2016, baik saat pengantaran maupun penjemputan.

Satuan personil yang diturunkan pun seperti Polisi Lalu-Lintas (Polantas), Sat Sabhara hingga Reserse dan Kriminal (Reskrim). Bagi personil Polantas diperintahkan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran lalu-lintas pada jalur yang dipergunakan oleh kendaraan rombongan Jemaah Haji dan juga mengawal keberangkatan calon Jemaah Haji ke Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Untuk personil Sat Sabhara ditugaskan menjaga situasi keamanan agar kondusif. Sedangkan personil Reskrim diminta untuk bertindak sigap dan segera memprosesnya jika ternyata terjadi tindak pidana.

3

Sejak Sabtu pagi, puluhan personel Polres Sidoarjo disiagakan di kawasan Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan seputaran Alun – Alun Kabupaten Sidoarjo, karena kerabat calon haji sudah mulai berdatangan dan berkumpul diseputaran alun-alun Sidoarjo tersebut. “Kondisi ini membuat situasi di depan Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan seputaran alun-alun  lebih ramai, akan tetapi sudah kami siapkan personil baik di titik lokasi maupun di penggal-penggal jalan  sehingga diharapkan pelaksanaan dapat berjalan aman dan lancar,” ucapnya.