Polresta Sidoarjo Melaksanakan Pengamanan Eksekusi Rumah Perumahan Gading Fajar 1

pam

TRIBRATANEWS POLRESTA SIDOARJO-Proses eksekusi lahan dan bangunan milik Adji Utomo yang terletak di Perumahan Gading Fajar 1 Nomor 3 Desa Siwalanpanji Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo dengan pemohon eksekusi Yanuar Rizaal sempat diwarnai ketegangan. Hal itu disebabkan Adji Utomo yang menempati rumah itu merasa keberatan atas ekskusi yang dijaga ketat petugas kepolisian sekitar pukul 09.00 WIB itu.

Kendati sempat tegang, akan tetapi ketatnya pengawalan dan pengamanan anggota Polresta Sidoarjo, akhirnya membuat tim juru sita dari Pengadilan Negeri Sidoarjo bisa mengeksekusi dengan aman. Bahkan ketegangan bisa diredam pihak Kepala Desa Siwalanpanji bersama Kapolsek Buduran dengan mediasi.

Penasehat Huum Pemohon, Aiyub Prakoso SH mengataan eksekusi rumah dan bangunan ini berawal ketika Adji Utomo pemilik rumah dengan nomor bidang 1210150500011 seluas 98 meter persegi yang telah diagunkan ke Bank BCA  Cabang Sidoarjo dengan jaminan kredit Rp 200 juta. Namun hingga jatuh tempo Adji Utomo tidak bisa melunasi kredit. Selanjutya BCA  melelang rumah atas nama Adji Utomo warga Perumahan Gading Fajar 1 Desa Siwalanpanji dengan nomor Lelang 0326/2014 di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sidoarjo dan lelangnya dimenangkan Yanuar Rizaal 06 Mei 2014 lalu.

Paska lelang, hingga Tahun 2016 Yanuar Rizaal tak juga menguasai bisa fisik rumah karena Adji Utomo masih ingin menguasai rumah yang telah dilelang itu. Padahal sebelumnya pihak BCA sudah menyarankan pembayaran. Akan tetapi, pemilik tak kunjung membayar akhirnya lelang diputuskan oleh pihak bank. Akhirnya klien kami menempuh jalur hukum di PN Sidoarjo 05/10/2016, di Pengadilan Negeri Sidoarjo mengeluarkan penetapan sita eksekusi rumah dengan Nomor 19/eks,RI/2014 PN Sidoarjo tertanggal 05/10/2016 yang disertai berita acara penyitaan eksekusi Nomer 19/eks.RI/2014 atas nama Adji Utomo.

Oleh karenanya, atas dasar putusan itulah sebelum dilakukan eksekusi rumah, dirinya bersama Polresta Sidoarjo dan Kepala Desa Siwalanpanji berusaha memediasi pengosongan rumah milik Adji Utomo bersama Kapolsek Buduran. Setelah mendapat persetujuan dari pemilik, pihaknya beserta tim juru sita PN Sidoarjo mengosongkan rumah dan bangunan seluas 98 meter persegi yang terletak di Perumahan Gading fajar 1 Desa Siwalanpanji.

Sementara dalam ekskusi tanah dan bangunan rumah itu berjalan lancar tanpa ada kendali. Tim juru sita Pengadilan Negeri Sidoarjo juga bertugas tanpa kendala sama sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*