Spesialis Pencurian Burung Diringkus Polsek Tulangan

Tulangan

TRIBRATANEWS POLRESTA SIDOARJO-Petugas Polsek Tulangan kembali menangkap pemuda spesialis pencurian burung. Kali ini tersangka A A (18) pemuda asal JL Temanggung Wetan Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya. Tersangka dijebloskan tahanan Polsek Tulangan lantaran nekat mencuri burung cecak hijau milik korbannya, Mulyono (42) warga Perum Taman Surya Kencana Cluster Uranus Desa Grogol Kecamatan Tulangan. “Tersangka ditangkap di JL Raya Tulangan saat membawa burung curiannya,” terang Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro, Selasa (01/11/2016).

Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro menerangkan bahwa penangkapan tersangka itu berdasarkan laporan masyarakat adanya aksi pencurian di kawasan Perumahan di Desa Grogol. Kemudian, anggota Unit Reskrim beserta warga setempat langsung melakukan pengejaran. Sedangkan pelaku lain, BS yang berhasil kabur masih dalam pengejaran petugas.

Kapolsek Tulangan menambahkan, aksi pencurian itu dilakukan tersangka bersama temannya itu dengan cara berboncengan mengendarai motor Honda Vario bernopol L 3405 PM. Setelah berkeliling-keliling untuk mencari sasaran, kemudian menghentikan laju motor di depan rumah korban. Karena kondisi sepi dan lengang, tersangka mengambil burung dengan cara mengambilnya dengan bantuan kayu reng berukuran panjang 2,4 meter. “Tapi saat mengambil burung yang berada di dalam sangkar, aksi kedua tersangka dikuntiti Supriyono (43) yaitu satpam setempat dari belakang,” ungkapnya.

Sebelumnya kedua tersangka berprilaku dan bergelagat mencurigakan. Ketika berhasil mengambil dan membawa burung langsung dikejar warga dan berhasil di tangkap. “Untunganya dilokasi itu tidak terjadi aksi amuk massa. Seketika tersangka digelandang ke Polsek Tulagan untuk diperiksa lebih lanjut,” urainya.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan dari tangan tersangka berupa 1 unit kendaraan roda dua Honda Vario, 1 ekor burung cucak hijau beserta sangkar dan 1 batang kayu reng dengan ukuran panjang  2,4 meter.

“Tersangka kepada petugas mengakui bersama temannya mencuri. Aksi pencurian itu baru kali ini dengan mengambil burung.Tapi, pengakuan tersangka, tidak dipercayai petugas begitu saja karena di kawasan wilayah Tulangan kerap terjadi laporan kehilangan burung,” pungkasnya.