Terobosan Baru Polres Sidoarjo, Hadirkan SKCK Online Yang Memudahkan Masyarakat

SKCK Online

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO-Memanfaatkan kecanggihan teknologi, Kepolisian Resort Sidoarjo membuat terobosan baru dalam pelayanan pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Jika sebelumnya proses pembuatan SKCK dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu yang lebih lama, kali ini bisa dilaksanakan secara online melalui website dan waktu pembuatanya juga singkat. Pelayanan SKCK berbasis online ini, proses pembuatannya lebih cepat karena terintegrasi dengan rekam E KTP yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil).

Kapolres Sidoarjo AKBP Muhammad Anwar Nasir menerangkan bahwa hari Kamis tanggal 1 September 2016 akan me-launching program tersebut dan satu program lainya, yakni SKCK Online dan SKCK Online Keliling, yang setiap hari mobile bersamaan dengan pelayanan SIM Keliling. ”Kami berharap program ini memudahkan pelayanan pada masyarakat. Dan saya harap program berbasis IT ini bisa digunakan publik dengan baik,” harapnya.

skck

Jika sebelumnya, pengurusan SKCK yang dilakukan secara manual prosesnya membutuhkan waktu lebih lama, karena harus melalui proses pengurusan surat pengantar RT, RW, kelurahan atau desa. Dengan SKCK Online ini, maka pengurusanya tidak buktu waktu lama, antara10 sampai 20 menit. Pelayanan SKCK online ini tidak hanya bisa dilakukan di Polres Sidoarjo, tapi bisa juga dilayani di seluruh Polsek jajaran Polres Sidoarjo.

Sementara itu, Retno Catur Titawati, warga Buduran, Sidoarjo, salah seorang pemohon SKCK online, mengaku pelayanan SKCK online baru ini lebih cepat dan warga pemohon SKCK lebih puas. “Pengurusanya cepat dan lebih muda daripada pengurusan manual seperti yang dulu. Apalagi, sekarang ada SKCK Online Keliling jadi tidak harus repot-repot ke Polres ataupun Polsek, Tinggal daftar online ikuti 5 proses dan syarat dibawa semua tinggal nunggu beberapa menit selesai,” pungkasnya.