Terus Tingkatkan Inovasi, Polresta Sidoarjo Panen Penghargaan

penghargaan-2

TRIBRATA NEWS POLRESTA SIDOARJO-Tren positif terus diwujudkan Polresta Sidoarjo. Kembali kinerja jajaran kepolisian di bawah pimpinan Kapolresta Sidoarjo AKBP M. Anwar Nasir ini mendapatkan apresiasi. Di antaranya, dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB).

Sebanyak tiga piagam penghargaan diberikan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemen PAN-RB Diah Natalisa di Mabes Polri, pada 7 Desember 2016. Dua piagam penghargaan diberikan karena Polresta Sidoarjo menjadi salah satu peserta pameran Inovasi Publik di Bandung dan Bussan, Korea Selatan.

penghargaan-2

Dalam dua lokasi pameran tersebut, Polresta Sidoarjo memamerkan inovasi baru di kepolisian, yakni berupa layanan SKCK Online dan SKCK keliling online. Dengan layanan ini, masyarakat tidak lagi repot untuk mengurus SKCK. Sebelumnya untuk mengurusnya masyarakat butuh waktu seminggu, dengan adanya aplikasi layanan ini paling lama hanya butuh waktu 30 menit.

Inovasi SKCK Online diluncurkan bersama sejumlah inovasi jajaran Polres lain di Mapolresta Sidoarjo pada awal September 2016 lalu. Peluncuran inovasi publik di kepolisian tersebut dihadiri Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Satu penghargaan lagi adalah Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Piagam tersebut diberikan di Riau, Pekanbaru. Bersamaan dengan peringatan Hari Anti Korupsi pada 9 Desember 2016. Dalam kegiatan yang diadakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu, Menteri PAN-RB Asman Abnur langsung memberikan predikat WBK serta birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

“Tidak mudah untuk bisa meraih WBK/WBBM. Dibutuhkan serangkaian upaya positif yang kami lakukan,” ujar Waka Polresta Sidoarjo Kompol Indra Mardiana. Mulai manajemen perubahan, penataan tata laksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, hingga peningkatan kualitas pelayanan publik.

Waka Polresta Sidoarjo juga berpesan kepada seluruh anggota, baik di lingkup Polresta Sidoarjo maupun jajarannya agar tidak terlena. Dengan diraihnya penghargaan ini, menurut Indra Mardiana harus menjadi pelecut kinerja bagi Polresta Sidoarjo dan jajarannya, untuk bekerja secara efektif, efisien serta memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” lanjut Kompol Indra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*