Tilep Uang Kerabat Rp 150 Juta, Berujung Dijeruji Besi

Tulangan

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO-Tersangka D R (41) warga Desa Kebaron Kecamatan Tulangan ditangkap petugas Polsek Tulangan akibat perbuatannya. Tersangka melakukan penipuan terhadap Sri Susilowati (54) yang tidak lain adalah kerabatnya sendiri. Penipuan yang dilakukan tersangka bermula pada Oktober 2015. Tersangka menawari korban untuk melakukan bisnis jual beli gabah dengan dalih mendapat keuntungan besar. Hingga tercapainya kata Sepakat diantara dua belah pihak, Korban menyerahkan uang senilai Rp.150.000.000 sebagai modal usaha bersama.  Korban menyerahkan uang tersebut kepada tersangka dengan cara dicicil dua kali. Setelah kejadian tersebut tersangka menghilang, dan kasusnya dilaporkan ke Polsek Tulangan untuk segera ditindak lanjuti.

Kanit Reskrim Polsek Tulangan Aiptu Bambang S menguraikan sebelum tinggal di Buduran itu, tersangka sempat tinggal di Mojokerto dan Sumatera. Berdasarkan pengakuan tersangka uang tersebut, tidak dipakai untuk bisnis gabah, melainkan habis dipergunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. “Sisanya untuk menutupi hutang tersangka. Tak ada yang digunakan untuk bisnis sama sekali,” terang Aiptu Bambang.

Sementara modus tersangka yakni agar tersangka percaya dan tidak ditagih oleh korban, tersangka menunjukkan tanda terima pada korban. Padahal, uang itu sudah diberikan ke orang lain dan dibawa kabur. “Kami tidak mempercayai begitu saja. Setelah dilakukan pendalaman tersangka mengakui uangnya habis dipergunakan sendiri. Tersangka dijerat pasal 378 dan 372 KUHP tentang Penipuan dan Penggelapan dengan ancaman 5 tahun penjara,” paparnya.