Tilep Uang Rekannya, Pria Warga Gagangpanjang Ditangkap Polisi

Polsek Kota

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO-Nasib sial dialami tersangka inisial A S (50) warga Desa Gangangpanjang Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Gara-gara menipu dua rekannya, tersangka dijebloskan ke dalam tahanan Polsek Sidoarjo Kota. Modusnya, tersangka mengajak korban Yunan Efendi (38) warga Dusun Luwung Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo dan Anton Taufik Akbar (32) warga Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo untuk membeli pasokan Bahan Bakar Minyak (BMM) untuk pengisian SPBU.

“Tersangka kami amankan dan kami tahan di Polsek Sidoarjo Kota beserta barang buktinya,” terang Kanit Reskrim Polsek Sidoarjo Kota Aiptu Sulasno, Kamis (22/09/2016).

Aiptu Sulasno menguraikan modus baru yang dilakukan tersangka yang bekerja sebagai sopir di SPBU dengan melabuhi kedua korban dengan iming-iming mengirim SPBU milik korban yang ada di Watutulis. Kemudian korban sudah mengirim uang sebanyak Rp 200 juta dengan janji bakal dikirim tersangka Bahan Bakar Minyak (BBM) sebanyak 32 kiloliter.

“Tapi paska menyerahkan uang Rp 200 juta itu tak dikirim BBM pesanan itu. Saat kedua korban menghubungi tersangka malah Hand Phone (HP) tersangka dimatikan,” imbuhnya.

Padahal janji tersangka akan mengirim korban BBM pada bulan Juni 2016 lalu. Sedangkan uang kiriman dari korban digunakan tersangka untuk membayar hutang-hutang tersangka. “Saat didatangi korban tersangka malah janji janji saja. Karena korban merasa ditipu akhirnya melaporkan ke Polisi. Korban percaya karena sering kirim BBM ke para korban,” ungkapnya.

Sementara tersangka A S di hadapan penyidik berdalih uang kiriman korban dipakai tersangka untuk membayar hutang-hutang tersangka. “Tersangka terancam pasal 378 KUHP tentang Penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara,” pungkasnya.