Ungkap 72 Kasus, Diantaranya Ungkap Pembajakan Truk Trailer

Reskrim

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO-Dari pengungkapan sebanyak 72 kasus, yang paling menarik terkait pembajakan truk trailer yang sedang mengirim kertas PT Tjiwi Kimia. Dari 8 tersangka, Polisi sudah menangkap 5 tersangka dan 3 pelaku lainnya masih dalam pengejaran.

Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resor Kota (Polresta) Sidoarjo AKP Muhammad Wahyudin Latif mengatakan, jadi kelima tersangka ini masih tergabung dalam satu jaringan kelompok pembajak truk. “Awalnya saya kira ini permainan sopir. Namun setelah kami mintai keterangan ternyata tidak,” ujarnya, Selasa (27/9).

Kasat Reserse Kriminal Sidoarjo AKP Muhammad Wahyudin Latif menjelaskan, awalnya para komplotan pelaku ini akan membajak truk gula, namun karena target yang diincar tidak ada akhirnya mereka mengalihka dengan membajak truk seadanya.

“Jadi kronologisnya saat itu truk yang dikemudikan Imam baru saja keluar dari pabrik kertas Tjiwi Kimia. Lalu tak jauh dari pabrik, ada seseorang yang melambaikan tangan berniat menumpang. Setelah itu ternyata tiga orang yang naik ke dalam truk. Sopir ditodong senjata tajam (sajam) dan dipaksa untuk tetap menyetir. Di sekitar By Pass Mojokerto sopir diikat lakban dan diletakkan di bangku belakang.

Selanjutnya, pelaku menggantikan kendali kemudi truk. Barang hasil jarahan tersebut diletakkan di Mojokerto dan Blitar. Sementara sang sopir dibuang di hutan Gresik,” jelasnya. Yang menarik, adalah proses penangkapan pelaku. Menurutnya, membutuhkan waktu sekitar empat hari untuk menangkap pelaku.

“Kesulitannya pelaku tinggal di kampung yang memang sarangnya komplotan penjahat. Kalau masuk siang hari kita pasti dicurigai. Akhirnya kami melakukan penyergapan saat Subuh.