Unit Reskrim Polsek Taman Tangkap Pelaku Specialis Pembobol Rumah Kosong

Taman

TRIBRATANEWS POLRES SIDOARJO-Satu dari dua tersangka spesialis pembobol rumah kosong A T (36) diringkus petugas Unit Reskrim Polsek Taman. Bapak 3 anak warga Sidotopo Sekolahan 12/ 81 Surabaya ini ditangkap setelah melakukan pencurian kendaraan bermotor Honda Beat bernopol W 2874 YF di rumah korban Slamet (48) warga Jl Sawonggaling IV Desa Jemundo Kecamatan Taman. Namun, rekan tersangka diketahui berinisial RN yang berhasil lari dari pengejaran petugas.

“Aksi tersangka dipergoki oleh warga desa setempat, saat hendak membawa kabur motor yang telah dicuri. Bahkan, pelaku sempat dihajar massa. Beruntung petugas segera tiba dilokasi, hingga tersangka diamankan dan kita bawa ke Mapolsek” ujar Kapolsek Taman Kompol Sujut, Senin (22/8).

Dikatakan Kompol Sujut, tersangka A T ini sudah dicari lama oleh Polisi, lantaran berkali kali melakukan aksi yang sama, tapi belum tertangkap. Diantaranya, pernah mencuri 1 unit sepeda motor di wilayah hukum Polsek Sukodono, pada minggu berikutnya tersangka kembali mencuri 4 buah lactop milik mahasiswa yang sedang KKN di wilayah Sukodono. Namun, aksinya baru terungkap setelah dipergoki warga telah melakukan pencurian sepeda motor di salah satu rumah warga di Desa Jemundo, Taman, yang kala itu pemilik rumah tidak berada di tempat. “Tersangka masuk ke rumah dengan cara mencongkel jendela rumah korban menggunakan obeng,” terangnya.

Kapolsek Taman menambahkan, begitu melihat kondisi rumah dalam keadaan sepi, lantas pelaku berusaha kabur. Namun, kedahuluan dipergoki warga dan diteriaki maling, hingga akhirnya oleh warga tersangka berhasil ditangkap ramai-ramai. Akibat perbuatannya, tersangka terancam dijerat Pasal 363 KUHP, tentang pencurian. “Sedangkan, terhadap rekan tersangka berinisial RN, sampai saat ini masih dalam pengejaran petugas,” tukasnya.