Unit Reskrim Polsek Tulangan Tangkap Dua Pemuda Yang Kepergok Mencuri Burung

Tulangan

TRIBRATA NEWS POLRESTA SIDOARJO-Dua pemuda ditangkap Polisi unit Resrim Polsek Tulangan. Keduanya ditangkap karena mencuri burung Kacer dan sangkarnya di Desa Pangkemiri Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Kedua tersangka yang dijebloskan tahanan Polsek Tulangan itu adalah S (18) warga Desa Candi Jaya Kecamatan Candi dan H (35) warga Dusun Gajah Kelurahan Magersari Kecamatan Sidoarjo. “Kami sudah amankan tersangka dan barang bukti. Tersangka kami tahan di Polsek sekarang,” terang Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro, Jumat (28/10/2016).

Kapolsek Tulangan AKP Hardyantoro menguraikan dalam kasus pencurian itu kali pertama diketahui M Syamsul Arifin (27) warga Desa Kepatihan Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Tersangka bakal dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. “Barang bukti yang kami amankan, satu unit sepeda motor Honda Supra Fit dengan nomor Polisi  W-4486-PE dan sebuah sangkar berisi seekor burung Kacer Hitam. Kerugiannya mencapai Rp 3 juta,” imbuhnya.

Modus dari kedua tersangka yaitu awalnya tersangka mencari sasaran pencurian dengan cara hunting berkeliling dengan menggunakan motor. Saat ada burung yang ditaruh di teras rumah menjadi sasarannya. Selanjutnya tersangka pertama mengambil sangkar dan burungnya. Sedangkan tersangka kedua mengawasi daerah sekitar dengan motor dalam kondisi siap lari, jika diketahui pemilik atau warga sekitar. “Setelah mendapatkan kemudian kedua tersangka melarikan diri dan atas kejadian itu korban menderita kerugian sebesar Rp 3 juta,” ungkapnya.

Paska adanya laporan masyarakat dua orang yang mencurigakan dengan membawa sangkar burung. Kemudian dihentikan, akan tetapi malah melarikan diri sehingga masyarakat dan anggota Polsek Tulangan melakukan pengajaran. “Kami sudah memeriksa para saksi dan tersangka. Kami kembangkan kasus ini, bisa jadi keduanya merupakan spesialis pencurian burung yang selama ini meresahkan warga,” pungkasnya.