Unit Tipikor Sat Reskrim Polres Sidoarjo OTT Oknum Kades

Kasat Reskrim

TRIBRATA NEWS POLRES SIDOARJO- Tim Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satuan Reskrim Polres Sidoarjo berhasil melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap oknum Kepala Desa (Kades) Kepadangan berinisial LH. Kades aktif ini ditangkap saat menerima uang senilai Rp 33 juta dari salah seorang pemilik toko yang hendak mengembangkan usahanya dengan membeli tanah seluas 780 meter persegi dengan harga Rp 400 juta. Rencananya, paska membeli lahan itu pemilik hendak mengurus menjadikan sertifikat dari yang awalnya Petok D, rencananya hendak disertifikatkan menjadi Tanah Hak Milik (SHM). Namun, pemilik lahan yang hendak mengajukan permohonan itu diminta membayar Rp 33 juta atau senilai 8 persen dari penjualan pada Nopember 2015 lalu.

Awalnya, Yong mencoba menawar antara Rp 20 juta – Rp 25 juta namun Kades bersikukuh dengan patokan angka yang dimintanya. Terpaksa Yong menyetujuinya lantaran lahan yang sudah terlanjur dibelinya 9 bulan yang lalu itu belum bisa difungsikan untuk pengembangan usahanya. “Kami hanya mau usaha saya itu bisa dikembangkan di Desa Kepadangan Kecamatan Tulangan. Makanya, akhirnya kami menyetujui memenuhi permintaan Kades dan menyediakan uang sebesar itu,” terang, Jumat (19/08/2016).

Kasat Reskrim Polres Sidoarjo AKP Muhammad Wahyudin Latif mengungkapkan untuk OTT Kades itu masih dalam penyelidikan Sat Reskrim Polres Sidoarjo. Pelaku akan tetap diproses di Sat Reskrim Polres Sidoarjo oleh penyidik. Meski penangkapan OTT itu sudah pekan kemarin, akan tetapi SPDP baru dikirim penyidik Unit Tipikor Satuan Reskrim Polres Sidoarjo ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo, Jumat (19/08/2016) siang.